Guna keterpaduan gerak segenap stakeholders penanganan Daerah Aliran Sungai (DAS) serta upaya nyata menjaga kelestarian sumber mata air, hari ini Selasa tanggal 11 Agustus 2020 dilaksanakan sosialisasi pengelolaan DAS secara terpadu yang dilanjutkan dengan kerja bhakti kebersihan di  sumber mata air di Desa Kunci Kecamatan Dander.

Acara dihadiri Ibu Bupati Bojonegoro, FORKOPIMDA Kabupaten Bojonegoro, Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, PPK OP SDA IV BBWS Bengawan Solo, UPT PSDA Wil Sungai Bengawan Solo, Para Asisten Setda serta Kepala OPD, unsur Kecamatan Dander dan Pemerintah Desa Kunci beserta segenap perangkat, serta dari unsur HIPPA / GHIPPA Daerah Irigasi Pirang Kiri dan Pirang Kanan dan masyarakat Desa Kunci. Dengan jumlah yang berpartisipasi aktif mencapai 250 orang.

Kepala Dinas PU Sumber Daya Air dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen kita untuk pelestarian sumber-sumber air yang keberadaannya semakin mengkhawatirkan, sumber air di Desa Kunci dan Desa Sumberarum Kecamatan Dander ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai sumber kehidupan, juga sebagai air baku irigasi pertanian, dimana dari mata air ini mampu melayani lahan pertanian tidak kurang dari 1.700 Ha.  

Sedangkan Ibu Bupati Bojonegoro dalam sambutannya lebih menekankan perlunya mengajak masyarakat untuk menerapkan budaya bersih sehingga sumber mata air dapat terjaga kelestarian dan kebersihannya. Pemakaian sumber mata air untuk kebutuhan hidup masyarakat memang penting, namun apabila masyarakat kurang peduli untuk menjaga kelangsungan kelestarian sumber mata air, khususnya dari limbah sampah, maka tentu kedepan akan merugikan masyarakat sendiri dan juga untuk suplai pengairan.


By Admin
Dibuat tanggal 11-08-2020
352 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
100 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %